KKP Fokus Kembangkan UMKM Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) fokus dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sektor kelautan dan perikanan antara lain dengan menyebarkan pendamping manajemen usaha di sejumlah lokasi.

"(Pendamping manajemen usaha) bekerja di lapangan mendampingi pelaku usaha kelautan dan perikanan. Mereka melaporkan hasil pekerjaan dan berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan minimal sekali dalam setiap minggu," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) KKP Rifky Effendi, seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/6/2016).

Menurut dia, para pendamping manajemen usaha itu bakal ditempatkan sesuai dengan domisili mereka di kawasan minapolitan dan sentra kelautan dan perikanan. Penyebaran para pendamping ini antara lain mengingat masih adanya keengganan pihak perbankan dalam mengucurkan kredit khususnya untuk usaha mikro kelautan dan perikanan.

Perbankan dinilai enggan karena mengganggap usaha itu memiliki risiko kecil sehingga pendampingan usaha diharapkan akan mempermudah UMKM kelautan dan perikanan dalam mengakses perbankan.

"Salah satu contoh kecil yang bakal dilakukan oleh pendamping manajemen usaha tersebut antara lain dengan memberikan pembekalan terkait dengan pencatatan transaksi keuangan," ungkapnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), hanya sekitar 20 persen kredit UMKM bagi usaha mikro, dan hanya lima persen dari total kredit UMKM yang menyasar para pelaku perikanan. Tentu hal ini sangat disayangkan dan perlu didorong untuk bisa terus ditingkatkan di masa-masa mendatang.

"Kondisi itu dinilai perlu disikapi mengingat populasi UMKM di Indonesia masih didominasi oleh usaha mikro (98,8 persen) yang informal serta memiliki aset dan produktivitas yang rendah, termasuk di sektor kelautan dan perikanan," pungkasnya.


(ABD)

 

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/Wb7Oz2Pb-kkp-fokus-kembangkan-umkm-kelautan-dan-perikanan